Jenazah Pasien Covid-19 Berpotensi Menularkan Virus

  • Опубликовано: 16 дней назад

    KOMPASTV

    Длительность: 02:21

    JEMBER, KOMPAS.TV - Rumah sakit daerah dokter Soebandi Jember Jawa Timur menggelar seminar potensi penularan virus corona dari jenazah covid-19. Seminar yang menghadirkan dokter spesialis forensik ini, mengupas bahaya penularan covid-19 melalui jenazah serta langkah-langkah pencegahannya.

    Dokter spesialis forensik, Muhammad Afiful Jauhani memaparkan bahaya penularan virus corona dari jenazah covid-19 saat menjadi pembicara dalam seminar yang digelar secara daring di rumah sakit daerah dokter Soebandi Jember Jawa Timur pada Kamis (15/10).

    Iamenjelaskan beberapa fase saat pasien meninggal, yakni fase kematian klinis atau somatis dan kematian seluler. Fase kematian klinis atau somatis terjadi saat sistem jantung dan pernapasan berhenti secara permanen.

    Pada fase ini, tidak semua sel dalam jenazah ikut mati. Beberapa sel masih hidup dan mampu memperbanyak diri selama beberapa jam setelah kematian klinis. Karenanya potensi penularan virus corona melalui jenazah covid-19 masih dimungkinkan terjadi, terutama melalui kontak langsung dengan jenazah.

    Perlakuan khusus terhadap jenazah dengan penyakit menular perlu dilakukan, terutama jenazah pasien covid-19. Hal ini untuk mencegah menularnya virus corona ke keluarga maupun tenaga medis.

    Muhammad Afiful Jauhani, yang merupakan dosen di fakultas kedokteran Universitas Jember berharap tidak ada lagi aksi pengambilan paksa jenazah covid-19, baik yang masih suspek/probable/terkonfirmasi. Karena dapat menularkan virus di beberapa jam kematiannya.

    Ia juga menegaskan bahwa warga tidak perlu khawatir dengan proses pemulasaran jenazah pasien covid-19, karena proses pemulasaran sudah sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 18 tahun 2020 tentang Pedoman Pengurusan Jenazah (tajhiz Al-janaiz) Muslim yang Terinfeksi covid-19.

    #JenazahPasienCovid19 #RSDdrSoebandi #SpesialisForensik

Hasbi Anor
Hasbi Anor

nie virus ga bakal hilang bro.. malah semua akan ter jangkit.. d sinilah nanti semua tubuh akan menguatkan diri terhadap virus. sama kasus seperti pertama cacar dahulu, sangat mematikan.. sekarang cacar sudah biasa..

11 дней назад
wahyu iswanto
wahyu iswanto

Di media berita... covid sangat mengkhawatirkan. Di dunia nyata... masyarakat tidak takut. Kehidupan berjalan biasa saja. Berkerumun gak pake masker biasa saja. Yang ada di kamera sama dunia nyata sangat berkebalikan. Mengkhayal.

11 дней назад
budi warman
budi warman

*trik demi trik dilancarkan agar vaksin laku keras* *bisnis oh bisnis* *gak mikir dosa,yang penting kenyang,kantong tebal*

11 дней назад
Sanbusbekasi 20
Sanbusbekasi 20

cie yang udah mau abis coronanya bikin cara lain lagi wkwk

12 дней назад
Robet Momo
Robet Momo

korona virus jadi corona bisnis

12 дней назад
pratama 95
pratama 95

Ala akal2lan saja ,supaya dapat dana dislike lah ,memusingkan kepala saja

12 дней назад
potong bebek angsa
potong bebek angsa

Cuman perkiraan

12 дней назад
Pedro Jhin
Pedro Jhin

Berita gak jls udah tau jenazah dibungkus di petiin Corona juga gak bisa keluar mikirr pak..

13 дней назад
Rezza Fahlevi Prasetyo
Rezza Fahlevi Prasetyo

Hahhaha Corona Tokai 💩💩💩

13 дней назад
Andy TBK
Andy TBK

Selalu yang dicari cari dan di beritakan kekuatan virus nya..bukan kelemahan virusnya..🙄

13 дней назад
Didik Susanto
Didik Susanto

pak tlong jelaskan tentang tes PCR secra gamblang😀

13 дней назад
pratama 95
pratama 95

Gak mau lah dia jelaskan ,nnti kedoknya terbngkar

12 дней назад
FATA taufik MAHERU
FATA taufik MAHERU

Pinter ya para dokter wkwkwk

13 дней назад
mohon sabar
mohon sabar

Mantap kompas paling rajin kopad kopid, jadi sales-nya kali yak...oh iya mampir untuk memperbanyak dislike

13 дней назад
SOTENG 97
SOTENG 97

Hahaha, maaf saya tidak bodoh, saya tidak akan percaya dengan berita seperti ini 👎

13 дней назад
Padahal
Padahal

PADAHAL....???

13 дней назад
DwakSky
DwakSky

Bodo amat. Gk percaya corona

13 дней назад
Bagas jek
Bagas jek

Yang menular itu beritamu pas kom

13 дней назад
Dwi Cahcileng
Dwi Cahcileng

Ntar lama" dengerin berita bisa nular.. Mau ngapa"in serba korona anjim bikin kuping panas aja

13 дней назад
nyadpada rita
nyadpada rita

Hanya spekulasi..

13 дней назад
Boris Cuk Gaming
Boris Cuk Gaming

Belinya dmn corona itu pak, boleh liat barangnya gak?

13 дней назад
Boris Cuk Gaming
Boris Cuk Gaming

Pak corona itu bisa dimakan gak sih,

13 дней назад
Adharid 307
Adharid 307

Tiap yg meninggal di sangka covid . Nyari duit milyaran melalui pasien yg di data covid..bahkan pasien pun di bayar 50 jt jika pasien mau di data covid. Hoaks

13 дней назад
Rehan Rey
Rehan Rey

DISLIKE AJA UDAH GAPERCAYA JUGA Gua

13 дней назад
salam kintil
salam kintil

🐷

14 дней назад
salam kintil
salam kintil

Gk bemutu

14 дней назад
W Ayu Putri Maharani
W Ayu Putri Maharani

konsulen forensik yang tulus banget ngasih ilmu nih! semoga penjelasannya dapat dicerna oleh masyarakat nggih Dok 🙏 karena pada dasarnya covid ini menyusahkan semua pihak, semakin banyak masyarakat paham dan patuh protokol maka semakin cepat selesai pula pandeminya. biar kayak negara negara lain yg patuh protokol dan akhirnya pandemi di negara mereka cepat selesai karena rantai penularannya bisa cepat diputus.

14 дней назад
Fazri Hakiki
Fazri Hakiki

Positif thingking ajah, siapah tau isi petinya APD😂

14 дней назад
Nurpajri Alvarest
Nurpajri Alvarest

Faktanya belum ada satu orang pun yang mati karena Covid19 Mereka yang katanya tertular covid19 terus mati itu karena faktor penyakit lain Soo, jadi menurut saya virus covid 19/corona itu tak mematikan yang mematikan itu mereka yang melebih lebihkan tentang virus

14 дней назад
Tepi Suhendra
Tepi Suhendra

Sel virus Corona berbahaya.... Katanya ??!!! Sel tahanan u.u I.T.E sangat menyakitkan Hati. itu yg pasti...!!!! 🤣🤣🤣🤣

14 дней назад
supriatna Ismi nurjanah
supriatna Ismi nurjanah

terus aja pak goreng.kyak cireng sampai hangus.

14 дней назад
riyanti iksan
riyanti iksan

mau nularin virus covid coved BODHOK AMAAATT 😂😂😂

14 дней назад
riyanti iksan
riyanti iksan

@Kiky Kiky tapi amat kena gak 🤣🤣🤣

14 дней назад
Kiky Kiky
Kiky Kiky

Kalo kena gw juga bodo amat🤣🤣🤣

14 дней назад
mula ega
mula ega

Bisa bisanya org cm skt lain di bilangin lg corona ada apa nih

14 дней назад
mas pri chanel
mas pri chanel

Mau nular mau tdak masa bodo. Sekrang sudah tdak lgi percya corona.

14 дней назад
tintin sumartini
tintin sumartini

Wah RS dr Soebandi saya dinas 6 tahun di sana Jadi rindu

14 дней назад
Nurul hudhe
Nurul hudhe

Wah ini politik yg jelas uuuuy pak cvid sudah gk ad cuma dokter yg bikin cvid ini dokter taek

14 дней назад
Idah Dahlia
Idah Dahlia

Pasti di teror kembali pd ke tidak cukup

14 дней назад
シルティニングシィ
シルティニングシィ

🇮🇩🤔kagak‘bosen.gn.VC'di'Japan'biasa'sj'.pakai'😷😷😷😷kegiatan.Hib'jg'di'kurangi'

14 дней назад
シルティニングシィ
シルティニングシィ

SMG'cpt'minggat'Tenan.VC'anak'anak'bs'masuk'sekolah'.dll'.

14 дней назад
シルティニングシィ
シルティニングシィ

py'skt'Bawaan.jg'bs'.

14 дней назад
シルティニングシィ
シルティニングシィ

Payah'Tenan.

14 дней назад
Cemenung cemenung
Cemenung cemenung

Jembut.....

14 дней назад
Suminten Wijaya
Suminten Wijaya

Aq percaya orang Mati itu pasti menular ,karna yg hidup juga sedang antri Mati tpi tingal junggu giliran😂😂

14 дней назад
Firman rudianto
Firman rudianto

Maaf kami rakyat sudah TIDAK PERCAYA KORONA AAAAAAAAAAAAA

14 дней назад
Ri Sa
Ri Sa

ANDA JIKA TIDAK PERCAYA,COBA 1 MINGGU DI ICU BERSAMA PASIEN COVID TANPA APD. DAN KATAKAN PADA DUNIA ANDA BAIK2 SAJA...BARU PERCAYAAAAAA..

14 дней назад
Ali Ramdanus
Ali Ramdanus

Kalau benar ya gak apa2 pak ..tetapi jgn mengada-ngdakan setiap pesien mati di rumah sakit skrg ini di positivkan Corona

14 дней назад
Andi_ Aliefajar
Andi_ Aliefajar

Heeellllleeehhhh😆🤣

14 дней назад
Suwandi Ismail86
Suwandi Ismail86

1 menit paham lah....heeeeee Demo reda,kambuh lagi nih penyakit COVID-19.🤣🤣🤣 Mudah²an demo terus supaya covid-19 hilang...

14 дней назад
Dimas Wahyu Risnanda
Dimas Wahyu Risnanda

@As Syaroni kalah juga sama pilkada wkwk

12 дней назад
As Syaroni
As Syaroni

Pandemi kalah ama pendemo Wkwkwk

13 дней назад
Effi Ganefiati
Effi Ganefiati

Bagus sekali...perlu disebar luaskan perlu disosialisasikan supy masyarakat tahu & tdk sembarangan ambil jenazah pasien covid di rnh skt.

14 дней назад
Aang Afandy
Aang Afandy

Hoax

14 дней назад
Aura Alfath
Aura Alfath

CHANNEL PALING HOT TTG COVID19 & POLITIK HANYA DI KOMPAS TV

14 дней назад
SALING BERBAGI
SALING BERBAGI

Mantap

14 дней назад
Ciak Al-Qurthubi
Ciak Al-Qurthubi

Batuk ge aing mah asa jadi tersangka Aman keneh hitut

14 дней назад
mamad surahmad
mamad surahmad

Cara mencegah covid 19 matikan setiap info tentang Covid 19. Pasti aman selamat mencoba

14 дней назад
Widi Arif
Widi Arif

Dari chanel lain, chanel ini yg paling ane jijikkan! Paling gempar sendiri kalau bawa berita copid!

14 дней назад
nangningnong dong
nangningnong dong

Gk perya sya sm si coron,otg sgla cma d bkin" ,orang sehat d positif,banyak boong

14 дней назад
kamal ludin
kamal ludin

JANGAN DENGERIN BERITA TOLOL

14 дней назад
Ari
Ari

buat saya covid itu mitos 🤣

14 дней назад
NUR Aeni
NUR Aeni

bodoamet rakyat cerdas dh tau dh ngerti wa'Allah hualam Hanya Allah

14 дней назад
AWAN HITAM YT
AWAN HITAM YT

MANA KORONA BIAR KUMAKAN SINI

14 дней назад
pratama 95
pratama 95

Gak usah d makan bos ,corona hanya ,bsa d lihat oleh oknum2 ,tertentu ,yang biasa memvoniskan corona 🤣

12 дней назад
Daren Fatulloh
Daren Fatulloh

Lama lama w pengen tinggal di pluto, tenang x hidup w.

14 дней назад
Margaretha Maria
Margaretha Maria

Sabodo

14 дней назад
Aisyah Putri
Aisyah Putri

Haaaallaaa mbulet ruwet

14 дней назад
NIGELLA COURSE
NIGELLA COURSE

Sudah cukup rakyat dibodohi, dibohongi, kami sudah mau muntah dan muak dengan semua kebohongan ini. Sebesar apapun media membesar besarkan, jika fakta dilapangan nihil, maka rakyat tak akan percaya. Kepercayaan kami dengan pemerintah sudah NOL Dari awal saya cermati keganjalan ini, 1. Covid bisa menular lewat udara, le2at sperma, lewat hewan. Bukti lapangannya mana? Apakah ada hewan yg dilaporkan meninggal covid? Kalian yg kuasai media tentu bebas dengan permainan ini, tapi satu hal yg pasti, Allah dan hati nurani kami akan membimbing kami pada kebenaran ⚘

14 дней назад
Knight HP
Knight HP

Masyarakat tahunya penularan covid19 dari droplet bukan karena kontak atau bersentuhan dengan manusia hidup. Kalau sudah meninggal mana bisa menyebarkan droplet. Ini yang mungkin perli diinformasikan melalui tv nasional. Agar masyarakat tahu mengapa jenasah masih bisa menularkan covid19.

14 дней назад
Moh Khanafi
Moh Khanafi

Corona mulu bosen..buktinya gak ada yg mati kmren corona..

14 дней назад
Bety Wahyuni
Bety Wahyuni

Hoalah kok tdk kasian sama rky kecil..jadi takut..streees

14 дней назад
kamulah satusatunya
kamulah satusatunya

lebih menakutkan mana ? 1.kena covid mati kemudian masuk neraka ? 2.kena covid mati kemudian masuk surga ? 😁

14 дней назад
R Noeryatie Malasari
R Noeryatie Malasari

Semoga Kita ga ketularan

14 дней назад
Khotib FK
Khotib FK

Tapi tidak semua pasien di rumahsakit hanya dasar reaktif terus di covid kan

14 дней назад
annsika 90
annsika 90

Propaganda ketakutan covidiot 😂😂

14 дней назад
Rohiman Jepun
Rohiman Jepun

Corona kopet apa lah

14 дней назад
Projo Sadar
Projo Sadar

*OMONG KOSONG"""* *mati ya mati aja... apapun penyebabnya.* *sebelum ada Covid, setiap hari juga banyak yang mati, karena rumah saya dekat TPU jadi tau""* *Covid hanya penyebab... bukan penyebab UTAMA""*

14 дней назад
Moch Ali
Moch Ali

Kata Pak muldoko bahwa banyak ke bohongan orang mati karna sakit jantung di bilang covid,orang sakit diabet di vonis covid orang kecelakaan motor mati di bilang covid.. ini bukan kata saya lo.. Pak muldoko yang bilang..udahlah cari duit yg halal saja oknum-oknum RS gara-gara kalian Rakyat menderita tidak bisa kerja, banyak yg di PHK pedagang di pasar usahanya mati karna sepi pengunjung...

14 дней назад
DOLLAR 03
DOLLAR 03

Corona neh.....bahaya opo....sing bahaya dokter e kwi

14 дней назад
ALMED TULUS
ALMED TULUS

cegahlah covid 19 dengan ( minyak herbal jum 1000 ) untuk meningkatkan imun kekebalan tubuh terhadap virus / bakteri jahat. dan mencegah penurunan kadar oksigen didalam tubuh. sudah terbukti lebih dari 20 penyakit sembuh setelah minum minyak herbal jum 1000 ini tanpa bahan kimia. tanpa efek samping apapun.....minyak herbal jum 1000 ini diproses dari bahan.....VCO.....CARROT OIL.....KUNYIT.....BAWANG PUTIH......sudah tersedia di tokopedia.....bukalapak.....shopee.....salam sehat kita semua.

14 дней назад
mike derick
mike derick

Coba ajukan ke pemerintah

14 дней назад
Yudi Dwiranto
Yudi Dwiranto

Kenapa ya info tentang COVID 19 teh... berubah" terus.... apalagi masalah masker... dari awal ampe sekarang, bikin bingung...

14 дней назад
Yurika Kawaii
Yurika Kawaii

karena bingung gimana caranya spy masyarakat gak lupakan covid, selalu akan ada terus ky gini. krn kalo org udah ga takut covid, ga ada yg mau tes Swab atau beli vaksin dong hehehehe ga laku deh jualannya

14 дней назад
Arina Widda Faradis
Arina Widda Faradis

Virus ini virus baru. Penelitian terus berkembang.

14 дней назад
Beby Abimanyu25
Beby Abimanyu25

Beritanya makin lama makin GK jelas... Intinya masyarakat butuh makan dan pekerjaan...

14 дней назад
Beby Abimanyu25
Beby Abimanyu25

@annsika 90 ,kampung q GK ada covid juga...

14 дней назад
Beby Abimanyu25
Beby Abimanyu25

Kaya GK tau indo aja....

14 дней назад
annsika 90
annsika 90

Tanzania Swedia bebas covidiot

14 дней назад
Beby Abimanyu25
Beby Abimanyu25

Tinggal buang aja di lauutt.... Klo ada potensi menular,

14 дней назад
Joko Purnomo
Joko Purnomo

Bisa dimakan ikan lalu ikan kita makan lagi menular lah dia🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

14 дней назад
djoko moertijono jack
djoko moertijono jack

LHA KALAU JENASAHNYA BATUK APA BERSIN BISA

14 дней назад
djoko moertijono jack
djoko moertijono jack

@As Syaroni HAHHAHAHAA👍🙏

13 дней назад
As Syaroni
As Syaroni

Bisa.. (Kl menurut dokter dalam video) Wkwkwk

13 дней назад
Abu Qasim Oemardy
Abu Qasim Oemardy

Nggak bisa bikin berita HOAX yah. 😅⏰🌐💹😷

14 дней назад
Seamul Oke
Seamul Oke

Semakin percaya denngan kebohongan covid....dari dulu ber ubah2 ga jelas beritanya 😂😂😂😂

14 дней назад
Yurika Kawaii
Yurika Kawaii

@P. Rachma masih adaa aja org sepolos anda

9 дней назад
FATA taufik MAHERU
FATA taufik MAHERU

Kesehatan = bisnis besar

13 дней назад
P. Rachma
P. Rachma

@Seamul Oke namax penyakit baru semua masi diteliti..jd wajar berubah2,

14 дней назад
NUR Aeni
NUR Aeni

lumayan bisnis bwt bli BMW orang mati komplikasi d bilang covid

14 дней назад
Ochoz Hasby
Ochoz Hasby

@Seamul Oke udah makin gak warrraasss tu orang orang kesetanan info nya annnncuuurrrr

14 дней назад
Riyan Widodo
Riyan Widodo

Nyimak wong pinter

14 дней назад
Marvel Jaya
Marvel Jaya

Denger beritanya aja bisa ketularan, ketularan gila

14 дней назад
As Syaroni
As Syaroni

Wkwkwk

13 дней назад
Ragil Cahyono
Ragil Cahyono

Betul sekali kawan.... 👍👍👍👍👍

13 дней назад
Ichi Ocha
Ichi Ocha

Tul.. bettul

14 дней назад
NENO WD
NENO WD

😂😂😂👍🏽

14 дней назад
Marvel Jaya
Marvel Jaya

@Effi Ganefiatikyknya lu suka kepoin berita copid tiap hari, awas loh.. Jauh2 sama tali 😂

14 дней назад
Feddy Djoko Roeseno
Feddy Djoko Roeseno

bagus nih buat yang maksa maksa bawa pulang jenasah keluarganya tanpa peduli kesehatan dirinya dan orang lain ... semoga bisa dimaklumi setelah tau bahayanya

14 дней назад
Kiky Kiky
Kiky Kiky

Ada ilmuwan yg bilang harus ada inangnya kalau inangnya mati bisa mati juga virusnya tapi kan mayat mengeluarkan cairan dan virus itu aja kalau diudara atau dibenda mati bisa tahan berjam2 secara logika sih harusnya bisa berpotensi menularkan

14 дней назад
Arigato Arigato
Arigato Arigato

Nah itu dia,, di mata Najwa Shihab kalau cari tahu dia emang bener inang mati virus juga akan mati tp. Tapiiiii,,, dalam brapa lama ,, Kalau yg sayang keluarga pasti Mikir bukan kah lebih baik mencegah daripada mengobati,, Kalau dah sakit,, brapa banyak waktu dan uang yg akan di Habiskan Bukan kah sekarang ini susah cari kerja dan apa apa mahal ,, Jadi sekarang hanya kesadaran masing masing,,

14 дней назад
mamanya DeVen
mamanya DeVen

Tau ah puyeng aq

14 дней назад

Далее

Marissa Hutabarat, Boru Batak Pertama Jadi Hakim di AS - KAMAR ROSI

29:30

TWICE(트와이스) - I CAN’T STOP ME [Music Bank / 2020.10.30]

4:38

Сиротская доля. Мужское / Женское. Выпуск от 30.10.2020

40:49

VESNA305 - Кретин (ПРЕМЬЕРА клипа)

3:18

VESNA305 - Кретин (ПРЕМЬЕРА клипа)

Николаенко Юрий

Просмотров 37 тыс.

Ayo Terapkan Protokol Kesehatan di Kantor dan Rumah

02:55

Ayo Terapkan Protokol Kesehatan di Kantor dan Rumah

KOMPASTV

Просмотров 1,3 тыс.

Mahathir Bicara Ulama dan Jokowi | Catatan Najwa

37:52

Mahathir Bicara Ulama dan Jokowi | Catatan Najwa

Najwa Shihab

Просмотров 5 млн

Kick Andy - Erick Thohir Apa Adanya

1:06:37

Kick Andy - Erick Thohir Apa Adanya

metrotvnews

Просмотров 724 тыс.

Cara Merawat Pasien COVID 19 Yang Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah

07:01

Ilmuwan Bicara Vaksin Corona: Virus Bisa Lebih Ganas

15:16

Ilmuwan Bicara Vaksin Corona: Virus Bisa Lebih Ganas

KOMPASTV

Просмотров 48 тыс.

Soal Cina dan Jilbab: Blak-Blakan Merawat Indonesia | Catatan Najwa

1:30:59

Di Balik Ruang Perawatan Pasien Covid-19

38:28

Di Balik Ruang Perawatan Pasien Covid-19

metrotvnews

Просмотров 238 тыс.

TWICE(트와이스) - I CAN’T STOP ME [Music Bank / 2020.10.30]

4:38

Сиротская доля. Мужское / Женское. Выпуск от 30.10.2020

40:49

VESNA305 - Кретин (ПРЕМЬЕРА клипа)

3:18

VESNA305 - Кретин (ПРЕМЬЕРА клипа)

Николаенко Юрий

Просмотров 37 тыс.

Bring Me The Horizon - Kingslayer (Lyric Video) ft. BABYMETAL

3:41

Bring Me The Horizon - Kingslayer (Lyric Video) ft. BABYMETAL

BMTHOfficialVEVO

Просмотров 311 тыс.

Сжечь Мерседес! Г*вно за 15 000 000 рублей

33:56

Сжечь Мерседес! Г*вно за 15 000 000 рублей

Лиса Рулит

Просмотров 434 тыс.