Waspada Dampak La Nina, Intensitas Hujan Lebat Hingga Akhir Tahun

  • Опубликовано: 13 дней назад

    KOMPASTV

    Длительность: 12:21

    JAKARTA, KOMPAS.TV - Anomali cuaca akibat fenomena La Nina di Samudera Pasifik mulai terasa dampaknya di Indonesia.

    Akibat La Nina, curah hujan jauh lebih tinggi dibanding pada kondisi normal sehingga memperbesar potensi bencana hidrometereologi seperti banjir, longsor, dan angin kencang.

    Sebagian besar wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan pada bulan Oktober yakni sebagian Sumatera, Jawa Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

    Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, rata-rata La Nina di Indonesia menimbulkan dampak kenaikan curah hujan sebanyak 40 persen dibanding kondisi normal.

    Puncak La Nina diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2020 hingga awal 2021.

    Fenomena La Nina dan potensi dampaknya juga menjadi perhatian Presiden Joko Widodo.

    Presiden meminta masyarakat lebih tanggap bencana dan mempersiapkan diri mengantisipasi dampak badai La Nina terutama di tiga sektor yakni pertanian, perikanan, dan perhubungan.

    Jika kurang antisipasi, bencana hidrometereologi akibat fenomena La Nina bisa mengganggu rantai produksi dan ekonomi.

    Demikian pula ancaman banjir yang timbul akan mempersulit upaya mengatasi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya terkendali.

    Lebih tanggap bencana akan mengurangi dampak anomali La Nina.

    Lebih lengkap simak dialog selengkapnya bersama Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Rajab.

bagusadiwb
bagusadiwb

Sumpah ngakak amat sama ni mbanya🤣🤣🤣 tapi kita indonesia warnanya hitam🤣🤣🤣 adoh parah😅 fokus mba minum air deh😅

4 дня назад
Mama Gergasi
Mama Gergasi

wkwkwkwkkwkwkw...kalau yang hitam lampunya mati mbak...wkwkwkwkkw...sepertinya presenternya kudu belajar geografi...

4 дня назад
Dudi Mahpudi
Dudi Mahpudi

Tp g saja lanina thn ini tdk menjadi musibah melainkan membawa berkah....

5 дней назад
play over46
play over46

SEMOGA BENCANA BENCANA LAIN NYUSUL SELAIN LA NINA...AMIN

5 дней назад
Rizal Dwi aprilyanto
Rizal Dwi aprilyanto

Alhamdulillah hujan,,,,deraskanlah hujannya ya allah... Lama sudah tak hujan...derasssssskkaaannn saja sudah

7 дней назад
Rizal Udine
Rizal Udine

Betul sekali kondisi ini. .........😆👍👍👍waspada. ......? Hanya yg mengingatkan sang maha kuasa yg slamat .alloh swt .

7 дней назад
juragan tusuk sate
juragan tusuk sate

Ya Allah turunkanlah hujan secara terus menerus di kab pasuruan jatim seterus nya sehingga sumur para warga tidak sampai kekeringan & tanaman pangan yg mengandalkan turun nya hujan bisa tumbuh subur ... jangan hanya sampai desember turun hujan nya ya gusti

7 дней назад
Tampol gaming
Tampol gaming

Aku suka hujan nih. Tapi kalo ada kota yang kebanjiran kasian😭

8 дней назад
cyclist gear
cyclist gear

Jakarta banjir kalau bogor gimana tuhh ? Pakean pada terbang an kali ya

8 дней назад
Maulana Salahudin Chan
Maulana Salahudin Chan

Ass lihat di G.Selamet - Jateng bhw air2 hjn fisimpan.Wasalam.

8 дней назад
Marsudi Harto
Marsudi Harto

Kalau lina gak hujan tapi banjir..itu venomena apa ya

8 дней назад
Taryoto Taryoto
Taryoto Taryoto

Bodo amat ga urua

9 дней назад
wanto aje
wanto aje

kayak romeo n juliet aj

9 дней назад
FAHRY JULIAN TAMA
FAHRY JULIAN TAMA

Kediri sekarang hujan angin :(

9 дней назад
Meila Arin
Meila Arin

Udah la Nina ada El nino pula😭

9 дней назад
Haji faozi Faozi
Haji faozi Faozi

Chenk Chenk Chenk Chenk Chenk Lengan Kotaraja nengke Endot LeK Kr Sukun Mataram Lombok,,

9 дней назад
Haji faozi Faozi
Haji faozi Faozi

Hidup. Sederhana. &. Berpikir an. Positif.

9 дней назад
Nina Robanni
Nina Robanni

apa kejadian alam ini ada hubungannya dengan HAARP ....??

10 дней назад
rueni rini
rueni rini

😂😂😂

10 дней назад
Donny 09
Donny 09

HUJAN LAH YG DERAS, BILAH PERLU TAMBAH BADAI DAN SUNAMI.. BIAR LAH MANUSIA" YG MERASA HEBAT DI DUNIA TAU KALAU MEREKA HANYA CECUGUK DARI ALAM DUNIA

10 дней назад
Nanang Hafiudin
Nanang Hafiudin

Hati. Hati. Jakarta. Akan. Banjir. Lagi pasti. Lebih. Dasyat lagi. Cpt. Bertobat bagi. Orang. Orang yg. Suka. Mendholimi. Rakyat Allah Akan lebih Murka banyak banyak. Berdoa. Biar. Kalau. Mati. Husnul khotimah. Aamiin ya. Robbal alamin

10 дней назад
Mari berbagi Informasi Agus Introvert
Mari berbagi Informasi Agus Introvert

La Nina, L Nino, La Leni, La Neni,L Nuni, La linu...

10 дней назад
Dedy Sugiarto
Dedy Sugiarto

G AK.....A P A.....A P A..... A DA....B E N C A N A.....A L A M K E C I L..... H U J A N.....D E R A S B A N J I R..... A K A N..... M E N G H A D A N G...... O R A N G....O R A N G.... Y A N G....G I L A.....D E M O B I K I N.....R U S U H B I K I N.....K A C A U... K E N A.....P E T I R..... B A R U...T A U.....R A S A

10 дней назад
Asep Rohmandar
Asep Rohmandar

La Nina Vs Omnibuslaw : we Save Humanity !

10 дней назад
Lenny Ania
Lenny Ania

ditasikmalaya udah hujan mulu setiap hari..

10 дней назад
bang Herlambang
bang Herlambang

Dr

11 дней назад
Rizky Liyandi
Rizky Liyandi

Gw cuma takut hujan sama angin kencang ya ampun gw ngeri kalo lihat angin

11 дней назад
Rizky Liyandi
Rizky Liyandi

@Retard Hunter awkaowkaok

6 дней назад
Retard Hunter
Retard Hunter

Sejak kapan angin bisa dilihat?

6 дней назад
Agus Santo
Agus Santo

Angin topan nangka bukan nina

11 дней назад
kusuma bhakty
kusuma bhakty

Ahahahaha ko aku ktawa yaa. 🤣🤣😅😅

11 дней назад
Fiqri Haikal218
Fiqri Haikal218

Daerah tangerang kota kena el nina gk bapak BMKG

11 дней назад
nadiaaa ap
nadiaaa ap

itulah tanda2 ke kuasaan allah kepada manusia yang ada di muka bumi ini.

11 дней назад
INGAT MATI SELALU DUNIA SEMENTARA AKHIRAT SELAMANYA
INGAT MATI SELALU DUNIA SEMENTARA AKHIRAT SELAMANYA

Syukurlah tadi hujan

11 дней назад
Osi ae
Osi ae

pesan dari langit...,,istigfar

11 дней назад
Marco Gaming
Marco Gaming

Abis el Nino el pozo

11 дней назад
world zone
world zone

Kota2 maju di dunia sdh makin cantik, makin nyaman di sini msh berkutat sm banjir yaasalaaaam

11 дней назад
abg renta
abg renta

Manusia sudah tdk memperdulikan alam, jadi alam tidak bersahabat lagi 😭

11 дней назад
Bakti JR Sniper
Bakti JR Sniper

Pangkalpinang Bangka Belitung 2 hari ini hujan deras + angin

11 дней назад
MB Channel
MB Channel

Hampir seluruh jatim mulai pagi sampe sore ini mending

11 дней назад
Hamba Allah
Hamba Allah

Mantap

11 дней назад
MarhaGusti Aryadi
MarhaGusti Aryadi

Sumur gw bisa penuh lagi

11 дней назад
Ira Fenriana
Ira Fenriana

La nina digabung sama elnino jadi al el dol

11 дней назад
Ira Fenriana
Ira Fenriana

Antisipasinya gimana dooonggg😭😭😭

11 дней назад
Ira Fenriana
Ira Fenriana

Banjir juga merepotkan.....

11 дней назад
Ira Fenriana
Ira Fenriana

Jatim elninonya kapan dan berapa lama. Kacau kalo ga ada air....

11 дней назад
Ira Fenriana
Ira Fenriana

Warna oranye itu artinya apa

11 дней назад
Ira Fenriana
Ira Fenriana

La nina itu apa

11 дней назад
R VIEW ART
R VIEW ART

La Nina...klo La Nani?

11 дней назад
yadi s
yadi s

Kalo La Nina Bobo apa ya dan kalau tidak bobo katanya digigit nyamuk 🤥

11 дней назад
DELICIOUS DMC
DELICIOUS DMC

Alhamdulilah🤲 Kalimantan hujan dan gerimis beberapa hari, gue lihat pada subur Pertanian dan tambak ikan ngga kering , hingga pada panen padi 😍😍😍para petani nya

11 дней назад
DELICIOUS DMC
DELICIOUS DMC

Nano nano rasanya manis asam asin lhoooo🤣🤣🤣

11 дней назад
NoV Phone Service Solution
NoV Phone Service Solution

Bencana alam juga gpp, biar pemerintah ad jalan lg buat korupsi bantuan

11 дней назад
Grivinn
Grivinn

enaklah dingin

11 дней назад
Donal Ajja
Donal Ajja

Gpp lah mendingan hujan sertai badai yg lebih nyata.ketimbang di bohongi corona

11 дней назад
EpiYansire 72
EpiYansire 72

Pasti anis lg yg disalahkan.

11 дней назад
New Regal
New Regal

Alhamdulillah , selalu bersyukur atas apa yang terjadi. Hujan adalah salah satu cuaca paling gw favoritkan.

11 дней назад
Rizal Ferfiyandi
Rizal Ferfiyandi

Kalo gak banjir sih oke oke aja 😌

11 дней назад
Aria Nugroho
Aria Nugroho

Suatu hari di 1bukot4 trc1nt4...... AN13S : "Halo.... Buzzer, nanti kl banj1r di J4k4rta.... Kali4n l4ngsung bkin v1d3o lucu2 ya... Spt yg kemarin itu...... Bagus tuh...... Trs lngsung di share sana sini.... Yg pnt1ng lucu... Buat pngal1h4n 1su b4nj1r, soal du1t t3nang aja, ada angg4ran byk" BUZZER : "Siap Gan...." 😂😂😂😂😂😂😂😂

11 дней назад
Azat Sudrajat
Azat Sudrajat

Kok indonesia hitam??? 😀😀😀

11 дней назад
Carlson Sietria Nagata
Carlson Sietria Nagata

Awal tahun udah banjir, ntar akhir tahun banjir lagi?

11 дней назад
Overlord AI
Overlord AI

Hujan terakhir kapan?

11 дней назад
santosa putra
santosa putra

Yg hitam itu warna apa? Itu pulau nya mbak 😁😄😄 mulai ngelawak ni embaknya

11 дней назад
sebjulius M'beo
sebjulius M'beo

sulawesi dari januari samapai skarang masih hujan lebat

11 дней назад
Endra setiawan
Endra setiawan

Hujan lebat loss aja

11 дней назад
rido febiano
rido febiano

Kudu tak ambung wae mbak e govlok

11 дней назад
adi saputra
adi saputra

Semoga gubernur DKI Anis Baswedan menonton ini.

11 дней назад
Khanza Cell
Khanza Cell

Indonesia akan ada salju...... Ye eeee🙌

11 дней назад
Febrilliant Rossi
Febrilliant Rossi

Salju yang sudah meleleh

7 дней назад
Aguy 23
Aguy 23

Mungkin alloh memberi isyarat x ya buat rejim ini???

11 дней назад
Retard Hunter
Retard Hunter

Here we go again

6 дней назад
muammar shiddiq
muammar shiddiq

Terserah bapak ngomomng apa, mbak nya cantique

11 дней назад
Wigi Ono
Wigi Ono

Host....gak tahu bentuk pulau...hahaha....piye miss

11 дней назад
Wigi Ono
Wigi Ono

Covid belum usai...si nina nongol

11 дней назад
Bts Maaf ka aku
Bts Maaf ka aku

Ni ma mana yg nonghol mba

7 дней назад
Rian Da silva
Rian Da silva

Semarang semoga hujan deras amin..

11 дней назад
Silent hill
Silent hill

Di pulau Jawa curah hujan meningkat hampir merata di semua tempat. Pertumbuhan awan2 cumulonimbus banyak tersebar dengan guyuran hujan lebat..awan2 hujan bergerak dari laut Jawa menuju pesisir pantai Utara Jawa dan memasuki daerah pegunungan..

11 дней назад
Bangkitpermadi93
Bangkitpermadi93

Wkwk pertanyaan pembawa acaranya konyol wkwk

11 дней назад
Dedi Mulyadi
Dedi Mulyadi

Waspada itu covid bkn,a ujan gaes kl ujan mah sdh ga kgt lg krn itu alam

11 дней назад
Azlee Chan
Azlee Chan

alhamdulillah. balik dulu lagi siklusnya. september, oktober uda mulai ujan lagi. semoga aman semua. stay safe ya all.

11 дней назад
tatik mulyani
tatik mulyani

Semoga hujan yang membawa manfaat

11 дней назад
Citra Ayu
Citra Ayu

Semoga daerahku ponorogo jawa timur dan daerah sekitar tidak terjadi banjir aaminn.

11 дней назад
ekopuji santoso
ekopuji santoso

😅kaya di china habis wabah - go hujan

11 дней назад
Yuanita Rahman
Yuanita Rahman

Kapan hujan?...

11 дней назад
TAJUL al arivin
TAJUL al arivin

Waspada boleh saja,siaga boleh saja,asal jangan sampei kita semua takut akan itu semua,kan hujan itu rahmat,rezeki dari allah swt

11 дней назад
Widya YuNoHu
Widya YuNoHu

selama ini saya pikir kompas adalah media yang kredibel, tp sepertinya sekarang kualitasnya menurun menyedihkan :( jurnalis seharusnya orang2 yang cerdas dan kritis tapi kalo membaca peta saja tidak bisa, ampun deh ... "kenapa Indonesia warnanya hitam?" "yang warna biru itu artinya apa?" waduh mbak, anak SD saja bisa lihat skala dibawah itu bukan hiasan rainbow gitu lhoooo (haishh)

11 дней назад
Tantiana Marto Suwito
Tantiana Marto Suwito

Bagus klo hujan biar pendemo stres gk bila demo 😂😂😂😂😂😂😂😂

11 дней назад
Andry Mata Hine
Andry Mata Hine

andai saja di Kota Kupang,NTT Hujan Deras Sampai Desember seperti yg di beritakan 😊😊

11 дней назад
Donde King
Donde King

Pasti cura hujannya banyak brow tahun ini... Salam dar anak NTT di Indo

9 дней назад
superwhelming
superwhelming

bagus, biar ada alesan nanti kalo banjir tinggal bilang curah hujan memang extrim jauh lebih tinggi dari biasanya

11 дней назад
Teteh Lilis
Teteh Lilis

Daerah mana saja yang akan di lalui la Nina,karena biasanya la Nina itu berlarinya lurus

11 дней назад
patrick soesanto
patrick soesanto

Seluruh pulau di indonesia kecuali pulau sumatra dan sebagian papua

9 дней назад
Mumas Lakah
Mumas Lakah

Hujan apa sini aja kering

11 дней назад
Harun Alkafi
Harun Alkafi

LA NINA itu anak perempuan klau EL NINO anak laki laki.

11 дней назад
Kanae Xie
Kanae Xie

Alhamdulillah

11 дней назад
Khalifah Al Bantani
Khalifah Al Bantani

Hitam itu pulau ka, di kasih warna hitam karena kondisi politik di indonesia lagi gelap. Hahaha....

11 дней назад
tom cruise
tom cruise

Yg saya takutkan si lanina sama elnino kawin lari :(

11 дней назад
Sem dia
Sem dia

Ga usah takut..pasti ditangkap petugas bmkg

11 дней назад
siapa hayo
siapa hayo

4:21 "Tapi kita indonesia warnanya hitam..? " . "Hitam itu warna pulaunya mbak". Ya elah receh benget gw. Gtu aja bikin ketawa wkwkw.

11 дней назад
E12 Irfan alvino
E12 Irfan alvino

Kwkwkwkw

11 дней назад
Vikarnt006
Vikarnt006

😂😂

11 дней назад
Rizal Ferfiyandi
Rizal Ferfiyandi

Ngantuk pembawa berita nya 😂😂

11 дней назад
Bambang Sumardito
Bambang Sumardito

Semoga tidak bikin banjir yang menyusahkan rakyat aamiin

11 дней назад
Ahmad Jul
Ahmad Jul

Alhamdulillah masih di beri Rahmat Allah SWT

11 дней назад
Marsudi Harto
Marsudi Harto

Tiap hari di beri rahmat allah..semua masalahnya ujung " slalu namanya yg di sebut..harusnya ..saran dan sekil yg bagus..klau urusan di hubungkan dgn allah urusan selesai atau sama dengangan pasrah... Kyk teh botol...apapun makanya minumnya teh botol sosro..😄😄😄😄😄😄😄😄

8 дней назад
neng reni
neng reni

Ngakak gw pas mbak nya bilang "Indonesia kenapa hitam" itu pulau nya mbak 😂

11 дней назад
Nancy Cyrus
Nancy Cyrus

Tapi Indonesia warnanya hitam, itu artinya apa pak? Mbaknya dulu sekolah dasar diloncat ya?

11 дней назад
Budiman Sinaga
Budiman Sinaga

Saya di Sumut pantes beberapa hari ini angin nya kencang sekali padahal ga da ujan.

12 дней назад
Ahmad Sabara
Ahmad Sabara

Semoga secepat nya aja deh hujan besar segera datang biar ga kekurangan air.

12 дней назад
a l
a l

Gw malah ngarepin ujan lg seneng"nya naik motor klx

12 дней назад
Yeni Surya
Yeni Surya

desember msh lma

12 дней назад
未来への手紙
未来への手紙

Udah 3 hari ini di tempat gw cuacanya panas banget dan gerah mungkin 1 atau 2 hari lagi bakalan hujan lebat keknya nih

12 дней назад
Princess Hara
Princess Hara

Jgan bnyak" turun hujanNya. nnti rmh saya ke rendam banjir lgi sperti di awal thun 2020 yg lalu sampai 90cm di dlm rmh 😭😭

12 дней назад
Pur Tanto
Pur Tanto

Saran. Klo nunggu pemerintah nangani banjir keburu umur habis blm juga tertangani max. Jika ada rejeki rumah ditingkat lantai bawah g dipakai drpd kebanjiran. Klo perlu sebagian lantai bawah jika g membahayakan, digali dibongkar ubinnya dijadikan resapan. Klo setiap rumah punya kesadaran ini yakinlah banjir teratasi. Makin banyak luasan yg dijadikan resapan dr lantai bawah anda makin banyak air terserap masuk dlm tanah shg air g meluap kemana-mana.

11 дней назад
Muhammad Ridlo
Muhammad Ridlo

Malahan saya berharap di daerah saya hujan terus 😅

12 дней назад
Fikri Nur
Fikri Nur

Alhamdulillah, kebetulan di daerah saya lg kering sumurnya, jadi kami hanya mengandalkan air hujan, Alhamdulillah 😊 akhirnya bisa mandi lagi, hehe

12 дней назад
Fikri Nur
Fikri Nur

@bola bola kok tau? Anda suka ngintipin saya yah? 😂😂😂 Biasa mandi di pasir soalnya

11 дней назад
bola bola
bola bola

Wah jadi selama ini jarang mandi ya😨

11 дней назад

Далее

Адская кухня. 4 сезон 11 выпуск

1:40:13

Адская кухня. 4 сезон 11 выпуск

Телеканал ПЯТНИЦА

Просмотров 382 тыс.

Купил Мерседес W221. Загорелись по дороге

23:45

Купил Мерседес W221. Загорелись по дороге

Мастерская Синдиката

Просмотров 1,3 млн

Ход Каенской - Лена Кука

9:23

Ход Каенской - Лена Кука

Lena Kuka crew

Просмотров 561 тыс.

Адская кухня. 4 сезон 11 выпуск

1:40:13

Адская кухня. 4 сезон 11 выпуск

Телеканал ПЯТНИЦА

Просмотров 382 тыс.

Купил Мерседес W221. Загорелись по дороге

23:45

Купил Мерседес W221. Загорелись по дороге

Мастерская Синдиката

Просмотров 1,3 млн

Ход Каенской - Лена Кука

9:23

Ход Каенской - Лена Кука

Lena Kuka crew

Просмотров 561 тыс.

Турнир Warface PRO.Masters. Day 9

4:5:50

Турнир Warface PRO.Masters. Day 9

Warface

Просмотров 57 тыс.

Дети Вальтера? Мужское / Женское. Выпуск от 29.10.2020

42:04

Ахмедова Юлия StandUp на ТНТ

10:48

Ахмедова Юлия StandUp на ТНТ

STAND UP

Просмотров 908 тыс.