Utang Luar Negeri Indonesia Terus Meningkat Akibat Pandemi Covid-19, Ini Penjelasannya

  • Опубликовано: 14 дней назад

    KOMPASTV

    Длительность: 2:21

    KOMPAS.TV - Utang Luar Negeri Indonesia terus merangkak naik sejak pandemi covid-19.

    Bank Indonesia mencatat pada Agustus 2020, utang luar negeri Indonesia berada di posisi 413,4 Miliar Dolar Amerika Serikat dan terus bertambah sejak Maret, awal mula pandemi covid-19.

    Angka ini juga naik setidaknya 5 persen dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

    Komposisi terakhir, sebanyak 49 persen merupakan utang luar negeri pemerintah dan bank sentral, sementara sisanya dari sektor swasta.

    Selain penarikan netto utang, bertambahnya utang luar negeri, khususnya utang berdenominasi rupiah, juga didorong oleh penguatan nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat.

    Bulan Agustus, Utang Luar Negeri pemerintah tercatat 200,1 Miliar Dollar Amerika Serikat.

    Pertumbuhan tahunannya lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan Juli kemarin.

    Menilik 5 teratas prioritas belanja pemerintah, jika dilihat dari komposisi utang luar negeri. Maka sektor terbesar ada di jasa kesehatan dan kegiatan sosial, sebesar 23,7 persen dari total utang luar negeri pemerintah.

    Disusul oleh konstruksi, jasa pendidikan,administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib, serta jasa keuangan dan asuransi.

    Kondisi ini tidak terlepas dari penarikan pinjaman dari lembaga multi-lateral, untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.
    Bagaimana dengan utang luar negeri dari sektor swasta.

    Kita lihat datanya. Utang luar negeri swasta ini, pertumbuhan tahunan-nya lebih tinggi dari pemerintah, yakni 7,9 persen Agustus kemarin. BI menyebut, penarikan pinjaman banyak digunakan untuk pembiayaan investasi perusahaan. Sekitar 77 persen, terserap dari 4 sektor usaha ini.

    Terbanyak, pada jasa keuangan dan asuransi. Lalu, pengadaan listrik, gas, uap dan udara, pertambangan dan penggalian, serta industri pengolahan.

    BI menyebut struktur utang luar negeri Indonesia tetap sehat, dan di-kelola secara hati-hati.

    Rasio terhadap PDB di posisi stabil 38,5 persen, dan didominasi oleh utang jangka panjang.

Boy Bobby88
Boy Bobby88

Mantapp

День назад
Ahmad Pawuhan
Ahmad Pawuhan

Lanjutkan..! yang penting buat pembangunan.. dari pada yang sudah" malah dikorupsi.. jangan kan pemerintah, RAKYAT aja tanpa adanya Bank TITIL juga tidak bisa berusaha..

7 дней назад
HC Amanna
HC Amanna

Pengemis utang 🤭

8 дней назад
Itc Depok
Itc Depok

UTLN BIASA BUAT NEGARA BERKEMBANG

8 дней назад
Fajar Ramadhan
Fajar Ramadhan

Covid jdi alasan banyak utang...padahal sblm covid..hutang udh banyak sama rezim itik

13 дней назад
berkahjaya GRC
berkahjaya GRC

semoga cepet bangkit.. indonesiaku.. sya yg punya usaha kecil ngapngapan.. bunga bank lg tinggi padahal bank plat merah, tadinyamau kur tpi ga boleh karna baru 2thn,,seharusnya pada masa sulit diturunkan dulu.. bunganya.. semoga ada kebijakan bantuan ukm tpi persyaratanya untuk yg belum ada kredit ke bank ,semoga adakebijakan ygterbaik

13 дней назад
Putri Merana
Putri Merana

Zholim yg buat hutang

13 дней назад
R winoto setiawan
R winoto setiawan

well, sorry to say, masih banyak orang bodoh di Indo terus komen gak jelas, padahal nyari tau aja gak, cuman denger doang dan asumsi. mboya belajar!

13 дней назад
Alam Ajib
Alam Ajib

Gue kira sama pemerintah sekarang makin maju nyatanya makin hancur hanya banyak jalan tol saja dimana mana hahaha lumayan buat pencitraan dan bela dirinya,abaikan rakyat sengsara

13 дней назад
Yesaya Fransisco Watuna
Yesaya Fransisco Watuna

Rakyat sengsara yang mana ? Nggak pernah lewat jalan tol ,ya ? Tidak tahu kamu mengenai program pembagusan jalan ditrans provinsi ?

13 дней назад
Alam Ajib
Alam Ajib

Buruknya kinerja pemerintah yang doyan hoak,dzolim dan jahat sama rakyatnya

13 дней назад
Yesaya Fransisco Watuna
Yesaya Fransisco Watuna

Ada alasannya ?

13 дней назад
Alam Ajib
Alam Ajib

Hahahaha makanya jangan dzolim dan jahat sama rakyat Indonesia wahai pemerintah dzolim dan katro

13 дней назад
Jay chanel official
Jay chanel official

GAK ANEH. PEMIMPIN KITA EMANG HOBI NGUTANG

13 дней назад
Yesaya Fransisco Watuna
Yesaya Fransisco Watuna

Emangnya kamu tidak menggunakan hasil dari hutang tersebut... Rajin bayar pajaknya ,kah....

13 дней назад
Yanti2 Yanti2
Yanti2 Yanti2

Alhamdulillah dpt kambing hitam

14 дней назад
tio drafter
tio drafter

Hapus dolar, dolar= monopoli

14 дней назад
ROMMY RIAZ
ROMMY RIAZ

@Yesaya Fransisco Watuna sistem barter hahaha

3 дня назад
Yesaya Fransisco Watuna
Yesaya Fransisco Watuna

Lalu pke apa ?

13 дней назад
joey colection
joey colection

Sebelum pandemi utang udah numpuk...kambing hitam

14 дней назад
Support Official
Support Official

Ujung2 rakyat jg yg bayar itu utang, bgini nih klo amatiran nglola negara.

14 дней назад
tittat tittut
tittat tittut

gak masalah klu ada uang yaa dibayar klu da ada ya nunggaklah kan dak ada debt colectornya aman

14 дней назад
Not My Problem
Not My Problem

uang sudah habis, biaya kehidupan mahal, parah. saya mendukung penuh kawin silang supaya SDM indo maju di masa yang akan datang.

14 дней назад
Muhammad Bambang
Muhammad Bambang

Judulnya hoaks?

14 дней назад
ohhmy myyaa
ohhmy myyaa

Moso?

14 дней назад
hendrizal hendrizal
hendrizal hendrizal

No koment, takut diserang buzerp.

14 дней назад
Yesaya Fransisco Watuna
Yesaya Fransisco Watuna

Buzzer kok teriak buzzer...

13 дней назад
Muhammad Bambang
Muhammad Bambang

Jgn2 ente buzzerp...

14 дней назад
madu manis
madu manis

Yang tanggung jawab utang siapa

14 дней назад
Yesaya Fransisco Watuna
Yesaya Fransisco Watuna

Rajin searching

13 дней назад
jawa kuno
jawa kuno

Ga ada tes PCR ya ga ada covid19, yang ada hanya corona biasa flu pilet demam biasa dll.

14 дней назад
ROMMY RIAZ
ROMMY RIAZ

Data bisa di manipulasi

3 дня назад
Peter CS
Peter CS

itu bener, tapi kok yg meninggal banyak?

14 дней назад
ramdhan purnama
ramdhan purnama

Utang boleh asal jangan masuk ke kantong masing2

14 дней назад

Далее

Пацанки. 5 сезон 6 выпуск

1:37:52

Пацанки. 5 сезон 6 выпуск

Телеканал ПЯТНИЦА

Просмотров 1,8 млн

Покупки в зоомагазине

8:40

Покупки в зоомагазине

Хомки

Просмотров 119 тыс.

Пацанки. 5 сезон 6 выпуск

1:37:52

Пацанки. 5 сезон 6 выпуск

Телеканал ПЯТНИЦА

Просмотров 1,8 млн

Покупки в зоомагазине

8:40

Покупки в зоомагазине

Хомки

Просмотров 119 тыс.

Ariana Grande, The Weeknd - off the table (audio)

4:01

Ariana Grande, The Weeknd - off the table (audio)

ArianaGrandeVevo

Просмотров 821 тыс.

Kuruluş Osman 31. Bölüm

2:10:47

Kuruluş Osman 31. Bölüm

Kuruluş Osman

Просмотров 1,9 млн

Shadowlands: сюжетный трейлер

1:00

Shadowlands: сюжетный трейлер

World of Warcraft RU

Просмотров 166 тыс.

Прямой эфир | 29.10.2020

1:32:57

Прямой эфир | 29.10.2020

ABU-SADDAM SHISHANI [LIVE]

Просмотров 38 тыс.